Monday, April 30, 2012

Psikologi IT

Di dunia Ini masih ada yang belum mengenal IT? saya rasa IT sudah menjadi hal yang sangat populer saat ini, hampir semua orang memiliki barang-barang IT atau setidaknya menggunakan barang-barang hasil dari Produksi IT. namun ada apa dengan Psikologi Manusia? Apa Pengaruh dan dampak yang disebabkan oleh Teknologi informasi?? saya akan sedikit mengulas tentang Dampak Psikologi IT

Teknologi informasi memang telah menjadi hal yang sangat Populer disemua kalangan di dunia, bahkan anak yang masih dibawah umur pun sudah banyak menggunakan teknologi informasi, dimana dengan adanya IT, manusia dapat berinteraksi dengan semua yang ada diduania, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. teknologi yang berkembang saat ini sudah sangat sulit diperkirakan, bahkan beberapa ahli mengatakan bahwa dalam tiap 5 detik, dapat tercipta satu hingga beberapa teknologi terbaru, dengan ini dapat didefinisikan bahwa teknologi saat ini sudah sulit untuk diterka dan sulit untuk dikontrol.


Sebelum membahas lebih dalam tentang pengaruh IT terhadap Psikologi Manusia, mungkin ada baiknya kalau penulis sedikit mendefinisikan apa itu Psikologi. Psikologi berasal dari bahasa yunani purba, dan secara etimologi dapat dibagi menjadi 2 kata yaitu "Psyche" yang berarti jiwa "logia"yang berarti pikiran. dengan ini dapat didefinisikan bahwa Psikologi Adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa atau aspek rohani manusia dan hewan secara saintifik. setelah mengetahui definisi Dari Psikologi mungkin dibenak pembaca, apa hubungan jiwa dengan IT? untuk lebih jelasnya mari lanjutkan pembahasannya


Psikologi IT merupakan Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Jiwa seseorang yang mempengaruhi pola pikir dan gaya hidup seseorang. dimana saat manusia mulai menggunakan IT dalam kesehariannya maka akan ada rasa selalu ingin melakukan sesuatu dengan instan. jika mendapatkan pekerjaan yang terbilang sulit, maka yang ada dalam pikiran seseorang adalah bagaimana yah caranya agar pekerjaan ini, pekerjaan itu bisa dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, maka jawabannya selalu adalah IT. setelah apa yang kita inginkan telah terpenuhi oleh adanya IT, maka disinilah kita akan meraqsakan ketergantungan akan adanya IT. terkadang sulit untuk berfikir setelah IT mempengaruhi pikiran seseorang, yang ada sisa memanfaatkan it agar segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

IT sebenarnya memiliki sisi negatif dan sisi positif tersendiri dalam segi penggunaannya, namun hal ini tergantung dari psikologi seseorang individu, apakah IT ingin digunakan untuk Hal negatif ataupun Hal yang positif intinya dalam Dunia IT, apapun IT Positif atau Negatif yang jelas IT dapat memberikan kemudahan dan informasi. namun manusia terkadang tidak menyadari bahwa sebenarnya selama ini para pengguna IT yang sudah sangat tergantung dengan IT secara tidak langsung sudah menjadi "Budak IT". dimana manusia telah bergantung dengan IT dan sulit untuk lepas dengan adanya bantuan IT.

tidak hanya itu, dalam IT sudah banyak sekali kemudahan-kemudahan yang diberikan olehnya, contoh kecil perangkat IT Handphone, alat yang merupakan alat komunikasi jarak jauh yang mampu menembus ruang dan waktu. dalam dunia remaja, perangkat Handphone sudah sangat merusak Psikologi seseorang, mengapa bisa merusak? pertanyaan yang bagus! remaja yang masih mempunyai fikiran yang dalam proses berkembang, menjadi tidak kreatif karena segalanya didapatkan secara mudah, Handphone juga memberi mereka ruang yang bebas untuk mempertontonkan dirinya dimata dunia, contoh Facebook! loh kok facebook? hmmm pertanyaan yang lumayan! facebook juga memiliki dampak negatif tersendiri terhadap psikologi seorang remaja, begitu mudah percaya dengan rayuan dan bujukan seseorang difacebook sehingga mereka membuat tindakan-tindakan yang bodoh, contoh seorang remaja ditawarkan pekerjaan melalui facebook oleh seorang teman chat mereka dan orang yang ditawarkan pun percaya walaupun sebenarnya itu hanya akal bulus seseorang untuk mendapatkan orang yang dia inginkan, entahlah apa yang dilakukan orang diluar sana.


menurut seorang ahli dibidang ini, dunia ini terdiri dari 2 stage yaitu front stage dan behind stage artinya dimana seseorang memiliki 2 wajah yaitu wajah yang sebenarnya yang disebut behind stage dan wajah didunia maya yang disebut sebagai front stage, seperti misalnya pada facebook pembaca chat dengan seorang cewek yang pada foto profilnya sangat cantik dimata pembaca, namun setelah anda mengajaknya ketemu dan melihat aslinya ternyata akun facebook yang sangat cantik itu 360 derajat beda dengan aslinya. inilah membuktikan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia maya tidak semuanya benar.




Semoga bermanfaat
Salam pengetahuan
(Mohon maaf bila ada kesalahan, jika benar terdapat kesalahan, mohon diralat dengan berkomntar pada blog ini)

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes |